Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Perut Melilit Hilang Timbul Sampai Sembuh

Penyebab Perut melilit - setiap orang pasti punya keluhan terkait yang dialami oleh dirinya tentang kesehatan mereka. Adapun keluhan yang kecil ataupun yang besar. Keluhan ini bisa berarti bahwa Anda akan terkena penyakit atau kondisi tertentu. Tak terkecuali dengan keluhan akan masalah ini. Kondisi ini dapat Anda ketahui saat Anda mengalami rasa sakit di bagian perut Anda. Sakit perut ini tak seperti pada umumnya, melainkan bahwa sakit ini akan dialami oleh orang dengan kadar rasa sakit diatas rasa sakit perut lainnya. Anda janganlah mengabaikan keluhan ini, bisa jadi kondisi ini akan menjadi indikasi terhadap penyakit tertentu.

Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Perut Melilit Hilang Timbul Sampai Sembuh

Perut melilit ini dirasa oleh kebanyakan orang adalah hal yang wajar dialami oleh orang saat Anda telat makan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa keluhan ini dapat menjadi indikator dari penyakit yang akan Anda alami. Sakit perut ini akan menimbulkan rasa sakit yang amat parah yang akan membuat si penderita sangat sengsara. Sakit perut ini bisa dialami saat kondisi tubuh dan organ Anda tidak berjalan dengan baik atau ada sesuatu yang salah didalam organ Anda. Ada beberapa yang dapat menyebabkan Anda terkena perut melilit sakit antara lain infeksi, keracunan makanan, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Cara Mengobati Sakit Perut Melilit

Istilah dari sakit perut melilit ini adalah Kolik Abdomen yaitu suatu kondisi medis saat seseorang mengalami mengalami sakit melilit seperti nyeri spasmodik pada perut yang dapat disebabkan oleh ketegangan, penyumbatan atau peradangan pad perut. Pada orang dewasa akan menimbulkan nyeri perut yang kronis. Dengan kondisi tersebut sebaiknya Anda melakukan antisipasi terhadap keluhan yang Anda alami agar tidak dapat menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. Untuk itulah Anda harus menyimak ulasan berikut ini mengenai sakit melilit.

Penyebab sakit perut melilit

Menurut salah satu dokter yaitu dr. Muliani Sukiman yang selaku konsultan interactive medical advisor menjelaskan bahwa sakit perut melilit dapat dinamakan dengan Gastroenteris, adalah peradangan yang terjadi pada usus dan lambung yang diakibatkan karena infeksi virus ataupun bakteri yang masuk dalam tubuh. Pada kondisi perut melilit ini memiliki gejala yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi tersebut yang meliputi :

  • Kram perut
  • Sakit perut melilit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare cair
  • Disertai dengan mual dan muntah
  • Dan lain sebagainya.

Pada saat Buang Air Besar, mengalami kondisi yang disertai dengan lendir dan darah. Ini menunjukkan bahwa terdapat parasit atau bakteri yang terdapat pada tubuh. Akan tetapi jika Anda mengalami sakit perut yang disertai dengan Buang Air Besar yang encer sehingga dapat menyebabkan penyakit lain seperti disentri, keracunan makanan, tifus, infeksi cacing, alergi, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa penyebab lain yang dapat memicu terjadinya perut melilit sebelah kanan kiri :

  • Mengonsumsi makanan yang asam
    Semua orang pastinya menyukai makanan yang rasanya asam, seperti jeruk nipis, lemon, tomat, cuka, dan lain sebagainya. Apalagi orang jawa, yang selalu menyukai makanan yang asam dan mempunyai cita rasa yang beragam. Namun, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang asam ini jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Rasa asam yang terdapat pada makanan tersebut akan tidak baik bagi Anda dikarenakan rasa asam tersebut memiliki sensitivitas yang terlalu tinggi yang tidak dapat ditolerir oleh tubuh. Jadi, sebaiknya bagi Anda yang menyuka makanana rasa asam sebaiknya memperbanyak konsumsu air putih sebelum mengonsumsi makanan asam.
  • Menikmasti susu dan produk olahanya
    Produk susu memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, akan tetapi ada beberapa orang yang tidak tahan dengan berbagai produk susu sehingga mereka tidak akan tahan. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit perut melilit dan mual yang akan dialami oleh orang yang alergi pada produk susu tersebut. Meskipun susu mengandung mineral yang bagi bagi tubuh Anda salah satunya yaitu kandungan kalsiumnya yang tinggi, tetapi produk susu ini tidak mudah untuk dicerna oleh tubuh. Karena adanya rangkaian laktosa dalam tubuh kita sehingga sulit untuk dipecah karena terlalu komplek intoleran terhadap laktosa mungkin ini yang mengakibatkan salah satu masalah yang Anda miliki saat ini. Dari itu semua berakibat pada perut Anda yang tidak dapat mencerna produk yang berbahan dasar susu. Laktosa yang tidak dapat dicerna tersebut akan menimbulkan adanya gas dalam tubuh sehingga akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman. Hal ini akan menimbulkan perut melilit dan muntah pada tubuh Anda.
  • Meminum kopi
    Bagi sebagian orang, kopi adalah teman. Kopi disini dimaksudkan untuk menemani sebagian orang saat berkumpul bersama teman ataupun bertamu di rumah orang. pasti kopi tak ketinggalan untuk disuguhkan didalamnya. Namun, dengan meminum kopi ini juga tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Meskipun kopi sangat nikmat untuk dikonsumsi dan dapat menimbulkan energi yang lebih, untuk itu sebaiknya minimalkan konsumsi kopi Anda. Pada dasarnya, kandungan di dalam kopi tersebut mempunyai kandungan kafein yang sangat tinggi. Dari kandungan kafein ini akan menimbulkan gangguan pada pencernaan atau motilitas. Namun, masyarakat Indonesia masih saja mengkonsumsi kopi.
    Ketahanan tubuh seseorang akan sesuatu itu berbeda-beda. Ada yang tahan untuk mengonsumsi banyak kopi dan ada juga yang tidak tahan dengan meminum kopi. Yang tidak tahan dengan kopi ini akan mengalami sulit buang Air Besar dan adapun yang langsung sakit perut bahkan ada yang sampai mencret ataupun diare. Untuk itulah sebaiknya kita harus mengetahui batas toleransi atas konsumsi kopi karena hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan jantung, dan pencernaan Anda,
  • Makanan pedas
    Sama seperti kopi, manusia juga mempunyai ketahanan akan rasa pedas pada makanan. Jika Anda tidak tahan akan rasa pedas maka tidak heran lagi, Anda akan mengalami kondisi mencret dan perut melilit dan diare dari efek makan makanan pedas. Selanjutnya orang yang tidak tahan rasa pedas akan mengalami dinding lambung mereka terasa terbakar. Untuk itu;ah Anda haruslah menghindari makan makanan pedas. Akibat lain saat Anda memakan makanan pedas yaitu pada bagian dubur saat Anda akan buang air besar akan terasa panas dan terbakar karena efek dari sisa pencernaan yang tidak dapat di cerna tersebut keluar bersamaan dengan feses.
  • Mengonsumsi gorengan dan makanan yang berlemak lainnya
    Gangguan akan pencernaan dapat ditimbulkan dengan mengonsumsi terlalu banyak makan gorengan dan juga makanan yang berlemak. Mengingat bahwa gorengan dan makanan berlemak mempunyai lemak jenuh yang sangat tinggi. Dengan ini akan mengakibatkan Anda mengalami perut melilit setelah makannya. Namun, adapun yang akan mengalami diare setelah mengkonsumsi makanan berlemak dan gorengan. Dengan begitu sebaiknya Anda tidak memakan makanan yang berlemak dan gorengan secara berlebihan. Makanan lain yang dapat menimbulkan perut melilit yang dikonsumsi secara berlebihan yaitu gulai, keju, dan es krim.

Cara mengobati sakit perut melilit Sampai Sembuh

Ada beberapa penanganan yang tepat untuk diberikan pada penderita sesuai dengan kondisi yang dialami tersebut :

  • Minumlah 1-2 gelas air putih atau oralit setiap kali Anda mengalami kendisi tersebut
  • Makan secara teratur dengan gizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar tidak terkena berbagai penyakit
  • Menghindari makanan yang pedas, asam ataupun berlemak
  • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi
  • Memilih jenis makana yang muda dicerna atau makanan yang lembut
  • Mencuci tangan sebelum memakan makanan atau menyiapkan makanan dan ataupun sesudah ke toilet
  • Menjaga kebersihan dapur, alat makan, dan toilet
  • Hentikan konsumsi makanana yang dapat memicu terjadinya sakit perut melilit
  • Hindari kegiatan yang dapat menumpuk udara yang berlebih di perut, seperti maka terlalu cepat,merokok, mengunyah permen karet, dan sering mengonsumsi minuman yang bersoda. Baca juga artikel obat sakit lainnya: Apa Obat Sakit Perut Mencret Diare Di Apotik Untuk Orang Dewasa Yang Mujarab.

Cara mengobati sakit perut melilit hilang timbul sampai sembuh

perut melilit obatnya apa ya? nah, Berikut ini adalah daftrar nama obat sakit perut melilit yang bisa anda lakukan di rumah dengan sendiri:

  1. Menentukan apakah ada tanda bahaya
    Saat Anda mengalami perut melilit, cobalah untuk memeriksa tubuh Anda apakah ada pendarahan dari anus atau pendarahan dari jalan lahir (pada wanita) dan setelah itu ukurlah suhu pada tubuh Anda dengan menggunakan termometer. Tanda-tanda pendarahan dan demam ini merupakan indikator dari masalah yang serius seperti kehamilan ektopik, keguguran, penyumbatan usus ataupun terjadinya infeksi. Jika sudah mengalami tanda-tanda seperti itu, maka segeralah Anda untuk mencari pertolongan medis.
  2. Mengkompres dengan air hangat
    Saat Anda mengalami sakit perut, sebaiknay Anda mengistirahatkan tubuh Anda sejenak dengan posisi berbaring sambil Anda mengkompres bagian perut Anda dengan bantal pemanas ataupun dengan botol yang diisi dengan air hangat. Anda harus melakukan hal tersebut selama 15-20 menit. Hal ini akan melancarkan aliran darah dan dapat mengendorkan otot-otot yang tegang.
  3. Minum obat pereda rasa nyeri
    Pada kasus ini Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau naproxen yang dapat digunakan untuk rasa sakit perut melilit dalam kondisi yang ringan. Obat perut melilit ini dapat meringankan kondisi gejala dan peradangan yang dialami oleh penderita. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat pereda rasa nyeri tersebut, karena ada beberapa orang yang tidak cocok dengan obat pereda nyeri tersebut.
  4. Minum obat sakit perut melilit yang ampuh
    Jika cara diatas dianggap tidak dapat mengobati rasa sakit Anda, maka Anda dapat mengonsumsi obat antispasmodik seperti contoh obat pada spasminal, spasmal, dan lain-lain . Hal ini akan dialami jika si penderita tidak dapat berjalan dan hanya dapat berbaring dan menekuk tubuh untuk bagian yang sakit itu. nama obat sakit perut melilit di apotik tersebut akan meredakan rasa sakit Anda. Akan tetapi Anda harus berhati-hati dengan obat tersebut, karena terdapat efek saming yang ada pada obat yang sudah disebutkan diatas. Untuk itu, Anda haruslah menggunakan obat tersebut sesuai dengan resep dokter.
  5. Bergerak ringan
    Jika rasa sakit yang Anda alami tidak dapat hilang begitu saja, maka Anda harus bergerak dengan ringan. Tujuan dari ini dalah untuk melancarkan aliran pencernaan. Anda dapat mengantisipasi rasa sakit tersebut dengan mandi dengan air hangat. Pada kasus ini akan meringankan rasa sakit.

Nah, begitulah beberapa uraian dari kami www.sakitgi2.com mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit perut melilit hilang timbul sampai sembuh yang perlu Anda ketahui. Semoga Allah memberi manfaat untuk anda.