Gejala Dan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Wanita Dan Pria

8 views
Penyebab sakit perut sebelah kiri pada pria dan wanita– Semua orang pasti pernah menderita gangguan kesehatan berupa sakit perut. Perut terbagi dalam beberapa bagian, yang salah satunya ialah bagian perut sebelah kiri bawah yang terkadang mengalami gangguan atau masalah. Banyak sekali yang menjadi sebab munculnya sakit perut tersebut.

Sebagian dari kita menganggap sakit perut merupakan hal yang tidak berbahaya dan sering kita sepelakan karena dianggap bukan masalah yang serius. Salah satu penyebab yang memunculkan penyebab sakit perut sebelah kiri tembus belakang adalah karena adanya gangguan pada sistem pencernaan pada perut. Sakit perut pada bagian kiri bawah memang tidak menimbulkan masalah yang serius.

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah dan Gejala-gejalanya

Gejala Dan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri atas Pada Wanita Dan Pria

Akan tetapi yang harus Anda perhatikan adalah gejala yang muncul dari sakit perut, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa Anda sedang mengalami masalah tertentu pada organ lain. Berikut ini adalah penyebab sakit perut sebelah kiri baik pada wanita dan pria baik berupa yang ringan ataupun yang parah, yaitu :

  1. Cidera
    Kecelakaan , terjatuh dan olahraga kadang menimbulkan cidera yang bisa menyebabkan munculnya sakit perut sebelah kiri. Sakit yang terasa tergantung dari seberapa besar cidera yang di derita.
  2. Divertikulitis
    Divertikulitis adalah radang atau infeksi yang terjadi pada kantong kolon yaitu usus besar. Kadang terdapat kelainan yang berupa divertikula yaitu benjolan kecil yang terdapat pada dinding usus. Penyebabnya ialah bakteri di dinding usus. Penyakit ini biasanya menyerang pada usia tua di mana usus besar dan melemah. Gejala yang muncul ialah :
    • Timbul rasa nyeri yang sensitif di bagian kiri bawah perut dan semakin terasa sakit ketika di gunakan untuk bergerak
    • Demam yang menggigil
    • Perut merasa kembung
    • Terkadang muncul diare atau sembelit
    • Mual dan kadang muntah
    • Makan yang tidak berselera
    • Faktor lain adalah faktor genetik atau riwayat dari anggota keluarga yang pernag menderita divertikulitis, faktor usia, obesitas, mengkonsumsi obat – obatan anti radang non steroid atau aspirin, memilki kebiasaan merokok, sedang diet, malas berolahraga.
  3. Sembelit
    Gangguan pencernaan lainnya ialah sembelit , yaitu mengerasnya feses sehingga sulit untuk di keluarkan dan menimbulkan rasa sakit. Faktor yang menjadi sebab sembelit atau konstipasi adalah : kekurangan cairan, panas dalam, stress, elastisitas usus yang menurun karena usia, pola makan yang tidak teratur, banyak mengkonsumsi obat antisida, analgesik dan anti diare, kurang serat dan vitamin C, terlalu banyak mengkonsumsi daging. Gejala yang muncul selain sakit perut sebelah kiri adalah perut terasa penuh, dan kaku karena penumpukan feses yang tidak bisa keluar, feses menjadi lebih keras, hitam dan berbentuk gumpalan kecil, anus akan terasa penuh, feses sulit di keluarkan, buang angin menjdi lebih busuk dan bau mulut.
  4. Kolitis ulserative
    Kolitis ulserative sering dirasakan baik pada wanita ataupun pria. Dan ini adalah penyebab sakit perut sebelah kiri dan pinggang tersering. Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang kolon, rektum dan meradang. Kadang juga muncul darah ketika buang air besar. Gejala yang muncul dari penderita kolitis ulterative adalah diare, perut terasa kram, rasa ingin buang air besar akan tetapi feses tidak bisa keluar, tubuh mudah lelah, demam dan berat badan berkurang. Faktor yang bisa meningkatkan munculnya kolitis ulserative yaitu faktor genetis, usia.
  5. Obstruksi Usus
    Penyebab sakit perut sebelah kiri selanjutnya ialah obstruksi usus. Merupakan penyakit yang menyerang isi usus yang berupa aliran usus yang mengalami gangguan. Usus yang sering di serang adalah usus halus dan bersifat kronis, parsial dan total. Penyebab munculnya obstruksi usus ialah melekatnya lengkung usus pada daerah yang baru saja mengalami pembedahan abdomen, hernia ( protrusi usus melalui bagian yang lemah di usus, dinding usus dan otot abdomen, paralisis dan peristaltik pada suplai saraf otonom sehingga usus tidak bisa mendorong isi dari usus, obesitas. Gejala yang muncul ialah perut terasa nyeri, feses yang keluar bersama darah, dan dehidrasi.
  6. Kanker Usus Besar
  7. Gangguan yang bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri dan kanan adalah kanker usus besar. Kanker jenis ini akan menyerang pada bagian usus besar atau sistem akhir dari pencernaan manusia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja akan tetapi paling rentan adalah umur di atas 60 tahun. Gejala yang muncul ialah sakit perut pada bagian kiri, feses keras, berat badan menurun, buang air besar di sertai darah, tubuh mudah lelah, perut kembung, diare, sembelit, tidak nafsu makan. Faktor yang menjadi sebab munculnya kanker usus adalah banyak mengkonsumsi daging merah, kurang mengkonsumsi sayuran, sering minum alkohol, merokok, obesitas, lansia, memiliki riwayat kolitis ulserative, memiliki riwayat diabetes, kurang beraktifitas, memiliki riwayat sindrom lynch dan masalah genetika familial adenomatous polyposis ( FAP ) .
  8. Batu ginjal
    Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah lainnya ialah batu ginjal. Rasa sakit akan muncul ketika batu melewati saluran kemih, yaitu ketika dari ginjal menuju kandung kemih. Rasa sakit bisa saja muncul secara mendadak dan sangat terasa sakit. Batu ginjal adalah penyakit di mana terdapat material batu yang terdapat pada ginjal. Gejala yang muncul dari penyakit ginjal ialah : frejuensi buang air kecil yang sering, ketika buang air kecil terasa sakit, urine memiliki air yang keruh dan berbau tak sedap, mual dan kadang mundah, merasa gelisah, saat tidur rasa tidak nyaman muncul. Faktor yang menjadi sebab munculnya batui ginjal ialah sering mengkonsumsi kerang, daging dan ikan, kurangnya cairan dlam tubuh karena tidak minum air putih, riwayat keluarga yang memiliki penyakit batu ginjal, memiliki berat badan berlebih atau obesitas, seringnya mengkonsumsi jenis obat – obatan berupa diuretik, aspirin, antibiotik, antasida dan juga obat antiepilepsi dan akibat pembedahan setelah oprasi pada sistem pencernaan.
  9. Infeksi saluran kemih
    Infeksi saluran kemih juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri bawah. Rasa sakit yang muncul adalah ketika buang air kecil, dan seringnya buang air kecil. Penyebab dari sakit infeksi saluran kemih ialah bakteri yang menyerang sistem ekskresi seperti menyerang pada kandung kemih, ginjal, serta ureter.
  10. Infeksi ginjal
    Infeksi ginjal juga bisa menyerang perut kita. Infeksi ini adalah jenis infeksi dimana merupakan pindahnya bakteri dari kandung kemih menuju ginjal, dan akan menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman. Beberapa gejal yang muncul saat infeksi ginjal ialah : buang air kecil yang sering, ketika buang air kecil terasa perih seperti saat mengalami saluran kemih, bau urine yang kurang sedap, penyebab sakit perut sebelah kiri dekat pusar karena infeksi ginjal juga kadang terasa sampai punggung, mudah lelah, mual di sertai muntah, diare, nafsu makan menurun. Yang menjadi pemicu munculnya infeksi ginjal ialah anatomi tubuh wanita dimana saluran uretra pada wanita lebih dekat dengan anus, sehingga bakteri mudah menyerang, kondisi anak berupa bawaan lahir, obstruksi sal;uran kemih seperti batu ginjal, dan bengkak yang terjadi pada kelenjar prostat, memiliki sistem pertahanan tubuh yang lemah, infeksi yang terjadi pada prostatdan menyerang ginjal, wanita yang sering berhubungan intim, menggunakan kateter dalam waktu yang lama.
  11. Kista ovarium kiri
    Apabila sakit yang dialami adalah pada wanita, bisa jadi penyebab sakit perut sebelah kiri adalaha adanya kista ovarium. Jika pada wanita yang sakit adalah sebelah kiri, maka kista yang terserang adalah kista sebelah kiri. Tanda yang muncul saat kista ovarium menjangkiti Anda : menstruasi yang tidak teratur, nyeri pada tulang panggul setelah dan sebelum mentruasi, saat berhubungan seks terasa nyeri pada tulang panggul, buang air kecil yang sering, mengalami kesulotan ketika mau buang air besar, terjadi gangguan pada sistem pencernaan, kembung, perut penuh dan kenyang dan pusing.
  12. Kehamilan etopik
    Penyebab sakit perut sebelah kiri yang lain ialah kehamilan etopik. Kehamilan etopik sering kita sebut juga dengan kehamilan di luar kandungan. Gejala yang muncul selain sakit perut sebelah kiri adalah : nyeri pada tulang panggul, terhentinya menstruasi, pendarahan ringan pada vagina, pusing dan mudah lemah, mual dan muntah, bahu terasa nyeri, muncul rasa sakit ketika buang air besar pada rektum, jika tuba falopi sobek maka akan muncul perdarahan. Penyebab kehamilan etopik adalah : penggunaan alat KB berupa IUD, pernah mengalami kehamilan etopik sebelumnya, pernah menderita inflamsi pada panggul, dan pengobatan yang di lakukan untuk kesuburan.
  13. Endometriosis
    Jenis gangguan ini sering menyerang wanita, yaitu tumbuhnya jaringan pada lapisan dinding rahim endometrium. Penderita juga akan mengalami gejala rasa nyeri pada pinggul, rasa nyeri saat berhubungan intim, perut kembung, dan muncul rasa sakit ketika buang air kecil dan buang air besar. Faktor penyebab ondometrium ialah : faktor keturunan, belum pernah melahirkan dan memiliki riwayat penyakit infeksi panggul. Baca juga artikel obat sakit lainnya: Gejala Dan Penyebab Serta Obat Sakit Perut Sebelah Kiri Atas pada Wanita serta Pria.

Penanganan untuk rasa sakit perut yang ringan

Dengan mengetahui penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita dan lelaki, langkah penanganan dapat Anda lakukan dan ketika rasa sakit perut masih di rasa ringan adalah dengan melakukan beberapa langkah yaitu:

  1. Mengatur pola makan
    Rasa sakit yang muncul dari sakit perut sebelah kiri adalah karena adanya gangguan pada sistem pencernaan, untuk itu Anda perlu mengatur pola makan Anda secara teratur. Pilihlah makanan yang bergizi dan banyak nutrisi untuk tubuh seperti sayuran dan buah dan makan yang teratur. Jangan mengkonsumsi makanan yang pedas dan banyak mengandung santan. Jangan pernah melupakan air putih untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, yaitu minimal minum sehari 8 gelas.
  2. Menerapkan gaya hidup sehat
    Gaya hidup sehat dapat berupa macam – macam, salah satu gaya hidup sehat adalah dengan rutin melakukan olahraga. Dengan kita rutin melakukan olahraga maka aliran darah dalam tubuh akan menjadi lancar sehingga akan meminimalisir adanya gangguan kesehatan. Dengan kita rajin berolahraga maka tidak akan ada penyakit obesitas yang menghampiri. Pilihlah olahraga yang akan menyehatkan perut seperti yoga.

Itulah beberapa penjelasan tentang gejala dan penyebab sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita dan pria. Jika rasa sakit yang Anda derita termasuk dalam kategori ringan maka Anda bisa menerapkan langkah – langkah yang telah di sebutkan di atas. Akan tetapi jika sakit yang di derita tidak kunjung sembuh dan semakin parah dan menunjukkan gejala lain maka segera periksakan diri ke medis atau dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar nantinya tidak terjadi penyakit yang lebih berbahaya. Sekian dari www.sakitgi2.com , semoga bermanfaat. Terima kasih.