Apa Gejala, Penyebab Perut Kram Saat Haid Dan Hamil Dan Cara Mengatasinya

20 views
Apa Penyebab perut kram?- Beberapa perempuan sering merasakan kram perut dengan rasa yang luar biasa. Kram perut memang bukan sebuah penyakit yang berbahaya, sebab kram perut biasanya dirasakan ketika perempuan sedang menstruasi atau dalam kondisi hamil. Namun rasa sakit dari kram perut dapat menyebabkan seseorang gagal untuk berkonsentrasi dalam kegiatan sehari – harinya karena rasa sakit yang diberikan sangat menyiksa sehingga seseorang akan memilih untuk diam dan beristirahat ketimbang harus melakukan aktivitas. Sekalipun kram pada perut hanya seseaat, tetapi tetap saja anda harus memberikan penanganan yang sesuai agar tidak ada sesuatu yang berdampak nantinya.

Kram perut atau dalam istilah medisnya disebut dengan colic abdomen adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang rasa sakit pada peru seperti melilit, hal ini disebabkan oleh adanya kontraksi pada otot polos yang terdapat pada organ dalam rongga perut yang juga meliputi banyak organ lainnya termasuk usus, kemudian kandungan empedu, ginjal, ureter, rahim, bahkan organ reproduksi wanita lainnya. Rasa sakit pada kram perut ini memberikan beberapa gejala yang muncul dan terjadi pada perut bagian bawah. Bukan hanya gejala tetapi penyebab perut kram juga harus anda ketahui, banyak informasi akan memudahkan anda untuk mengobati kram pada perut yang menyerang.

Apa Gejala, Penyebab Perut Kram Saat Haid Dan Hamil Dan Cara Mengatasinya

Gejala kram perut yang datang

Seperti rasa sakit lainnya, kram perut juga memiliki beberapa gejala ketika akan menyerang. Untuk berjaga – jaga menyembuhkan kram perut anda juga harus tahu beberapa informasi mengenai kram perut. Berikut ini gejala yang didapatkan pada kram perut:

  1. Nyeri di perut
    Gejala pertama yang sering ditemui ada rasa nyeri pada perut, biasanya rasa sakit seperti nyeri akan muncul dibagian perut bawah. Rasa nyeri kadang muncul dan kadang hilang begitu saja, kemudian tidak berapa lama rasa kram akan semakin terasa seperti melilit perut bagian bawah dan memberikan rasa sakit yang semakin parah. Jika memang tidak tahan dengan rasanya, maka anda dapat memerikan obat pereda nyeri terlebih dahulu.
    Dari beberapa penyebab perut kram, gejala yang timbul pada kram perut juga bisa menyebabkan demam pada pasien. Demam ini dapat terjadi dengan suhu yang sedang saja, jadi tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun jika pasien sakit perut kram tiba – tiba memiliki suhu badan yang tinggi dan disertai dengan menggigil maka anda harus cepat – cepat membawanya ke dokter agar mendapatkan pertolongan pertama dan dapat diatasi.
  2. Dehidrasi
    Gejala berikutnya adalah mengalami dehidrasi, kram perut jugadapat membuat pasiennya menjadi dehidrasi. Hal ini bisa saja terjadi ketika kram perut sudah pada tahap yang serius dan juga disertai dengan demam. Demam sendiri merupakan penyebab utama dari dehidrasi pada tubuh pasien, ketika mengalami dehidrasi biasanya akan mengalami kebingungan, kemudian jantung menjadi berdetak lebih cepat, sakit di kepala, tubuh menjadi lemah, mulut kering, rasa dahaga yang begitu tinggi, tidak bisa mengeluarkan keringan, urin tidak keluar ketika buang air kecil, dan bisa juga menjadi pingsan tiba – tiba. Dehidrasi merupakan gejala yang sudah parah dari kram perut, untuk itu anda harus cepat dan tanggap untuk memberikan pertolongan pertama pada pasien.
  3. Rasa sakit perut dengan waktu lama
    Gejala dari sakit kram perut memang memiliki awalan sedikit hilang dan sedikit lagi muncul, namun jika sudah sangat parah maka rasa nyeri yang dirasakan bisa sampai berjam – jam lamanya. Jika tidak diberikan obat atau penanganan rasanya tidak akan berubah dan akan menyiksa dengan rasa sakit.
  4. Makanan tidak dapat turun
    Penyebab perut kram pada pria sangat beragam sehingga banyak gejala juga yang dapat timbul dari kram perut. Gejala selanjutnya rasanya makanan yang anda makan tidak dapat turun ke bawah perut. Hal ini dapat disebabkan oleh ketimampuannya tubuh dalam mencerna makanan, dan biasanya terjadi dalam kurun waktu dua hari atau lebih. Tentu saja ini akan membuat pasien menjadi tidak nyaman karena perut terasa penuh dan ditambah dengan sakit kram yang masih menyiksa.
  5. Adanya konstipasi
    Adanya konstipasi menjadi gejala selanjutnya dari sakit kram perut. Konstipasi sendiri merupakan tidak dapat membuang air besar atau bisa dikatakan sebagai sembelit. Kondisi ini terjadi biasanya pada penderita kram perut yang sudah parah. Ketidakmampuan untuk membuang air besar ini akan memiliki potensi bagi pasien, apalagi jika disertai dengan muntah – muntah. Jika sudah separah itu, anda harus cepat memeriksakan ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan medis yang sesuai.

Penyebab dari kram perut yang menyiksa

Sebenarnya kram perut datang bukan tanpa sebab, tentu saja seperti penyakit lainnya ada sebab mengapa kram perut dapat menyerang. Kram perut sendiri memiliki beberapa penyebab yang sangat banyak sehingga tidak heran jika gejala yang menimpa juga bisa menjadi sangat berbahaya. Berikut ini beberapa penyebab perut kram yang bisa anda ketahui:

  1. Kram perut dapat terjadi dikarenakan adanya penyumbatan pada usu atau obstruksi, tidak hanya itu tetapi ada juga beberapa penyebab lainnya seperti adanya radang usus buntu, kemudian adanya penyakit celiac atau sensivitas terhadap gandum dan juga biji – bijian. Jika memang anda salah satu pasien dengan celiac ada baiknya hindari makanan dengan biji – bijian. Bukan hanya masalah pada pencernaan saja, tetapi penyebab perut kram juga dapat dikarnakan keracunan makanan, kemudian adanya penyakit hati, radang pada usus, bahkan juga dapat terjadi karena adanya kanker kolorektal, dapat dikarenaka intoleransi makanan atau alergi pada makanan, disebabkan gastritis dan viral gastroenteritis atau yang sering dikenal dengan infeksi virus pada saluran pencernaan. Hal – hal ini bisa menyerang siapa saja, tidak hanya kaum wanita namun juga para laki – laki dan kram perut dengan penyebab seperti di atas dapat menyerang siapapun tanpa memandang usia.
  2. Penyebab perut kram Saat hamil dan mesturasi selanjutnya pada bagian kewanitaan, dimana kram perut yang diderita berhubungan dengan alat reproduksi wanita. Kram perut yang sering dirasakan oleh wanita biasanya disebabkan oleh organ reporoduksi yang bermasalah, masalah dari organ reproduksi dapat berupa; endometriosis, kemudian karena kram menstruasi atau karena nyeri haid, adanya komplikasi kehamilan seperti keguguran, bisa juga karena kista ovarium, tanda – tanda persalinan, penyakut menular seks, atau karena radang panggul dimana ada infeksi pada rahim dan juga tuba falopi.
  3. Selain itu, kram perut juga dapat disebabkan oleh adanya masalah pada system dalam tubuh selain pada saluran pencernaan atau organ reproduksi wanita. Beberapa penyebab diluar tersebut adalah; adanya trauma abdomen, kemudian anerisma aorta abdominal, bisa juga karna adanya tumor abdomen atau kumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi. Tidak hanya itu tetapi penyebab perut kram yang sudah semakin parah juga bisa dikarenakan gagal jantung kongestif akut, adanya infeksi pada lapisan perut dibagian dalam, kemudian adanya infeksi kandunga kemih, penyakit ginjal yang meliputi batu ginjal dan juga gagal ginjal.
  4. Jika anda sering menggunakan obat – obatan maka bisa juga menjadi penyebab dari sakit kram perut yang diderita, sebab efek samping dari obat – obat tertentu dapat membuat perut menjadi kram.
  5. Beberapa orang yang suka berolahraga secara berlebihan juga bisa menjadi salah satu dari penyebab perut kram dan keras . Kram perut juga dapat dikarenakan stress, merasa takut dan cemas, dan juga konsumsi bahan kimia yang memiliki racun, namun kemungkinannya sangat kecil. Baca juga artikel obat sakit lainnya: Cara Mengobati Sakit Maag Dengan Cepat Secara Tradisional Agar Tidak Kambuh Lagi.

Cara Mengatasi kram perut dengan cepat

Dari beberapa penyebab perut kram akan memberikan rasa sakit yang luar biasa, untuk itu anda harus memberikan penangan yang tepat agar tidak ada gejala berbahaya lainnya yang datang. Berikut ini beberapa penanganan yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan kram perut;

  • Jika anda ingin mengobati kram perut, tentu saja anda harus tahu apa penyebab perut kram, sebab setiap penyebab pasti memiliki cara untuk menyembuhkan yang berbeda – beda. Namun jika dilihat secara umum, maka kram perut dapat diberikan penanganan berupa memberikan obat untuk menghilangkan rasa perih sementara. Biasanya obat yang digunakan untuk menghilangkan nyeri dapat ditemui dengan mudah dieberapa toko sebab banyak juga yang sudah dijual bebeas. Beberapa obat penghilang nyeri yang dapat anda gunakan ada; ibuprofen dan juga acetaminophen. Namun obat tersebut tidak dapat digunakan pada kondisi ulcus, dan juga penyakit hati. Jika anda ingin mendapatkan obat nyeri yang aman untuk dikonsumsi ketika kram perut menyerang, maka anda dapat memeriksakan kram perut yang anda rasakan ke dokter agar mendapatkan obat yang sesuai dengan dosis dan juga penyebabnya.
  • Kram perut yang disebabkan oleh gas atau gangguan pada pencernaan akan dengan mudah disembuhkan menggunakan obat maag atau antasida, hal tersebut cukup efektif untuk membantu meredakan rasa nyeri dan menghilangkan kram pada perut.
  • Jika kram pada perut disebabkan oleh nyeri haid, maka anda dapat mengatasi seperti mengatasi otot yang sedang kaku. Cara yang dapat digunakan bisa menggunakan coke dan garam agar dapat membantu untuk mengalihkan perhatian sehingga rasa nyeri pada kram perut dapat berkurang. Rasa panas yang didapatkan bisa membuat otot menjadi rileks dan dapat meringankan nyeri dalam waktu yang cukup cepat. Anda dapat menggunakan bantalan pemanas atau botol yang diisi dengan menggunakan air panas. Kemudian cukup berbaring dan letakkan bantalan pemanas tersebut dengan isi air panas pada area yang sangat sakit. Istirahat dengan bantalan pemanas selama 20 menit.
  • Jika anda merasa bahwa menggunakan bantalan akan terlalu merepotkan, maka anda dapat menggunakan cara yang berbeda dengan fungsi yang sama. Anda bisa menggunakan mandi dengan air hangat, caranya anda bisa mengisi air hangat pada bak mandi anda. Usahakan air hangat yang anda gunakan lebih hangat sedikit, kemudian rendam diri anda di dalamnya. Untuk membantu merelaksasi pikiran anda, maka anda dapat menambahkan aroma terapi agar membaut anda menjadi rileks. Jika dirasa kram perut sudah membaik, maka anda dapat menyelesaikan mandi anda. Jika masih terasa sakit kemudian air terasa agak dingin kembali maka ganti air dengan air hangat lagi sampai kram perut benar – benar sembuh.

Itulah beberapa informasi seputar penyebab perut kram dan juga beberapa informasi lainnyadi sini
www.sakitgi2.com . semoga bermanfaat.